Home » , , , » 5 Masalah SEO Paling Fatal Serta Cara Memperbaikinya

5 Masalah SEO Paling Fatal Serta Cara Memperbaikinya

Saat ini, menjalankan kampanye SEO yang menyeluruh dan komprehensif sangat penting untuk peringkat. Jika Anda tidak mengoptimalkan situs web Anda dan mengikuti tren, maka tentu saja peringkat pesaing Anda.

Saya merasa sangat berguna untuk memikirkan SEO hanya sebagai gabungan praktik terbaik yang diakui oleh mesin pencari. Dan seringkali peringkat situs web dapat dihancurkan dengan tidak sengaja mengikuti praktik terbaik.

5 Masalah SEO Paling Fatal


Jadi artikel ini adalah tentang kesalahan SEO yang kita semua buat dari waktu ke waktu. Jika Anda menemukan diri Anda melakukan kesalahan itu, Anda akan bisa memperbaikinya, dan jika Anda belum melakukannya, Anda akan tahu untuk menghindarinya.

Masalah 1: Pengindeksan Halaman Anda Tidak Benar


Apa itu: Kita semua ingin Google memberi peringkat halaman kita lebih tinggi. Tetapi tangan Google tidak dapat memberi peringkat apa yang tidak bisa dilihat oleh botnya. Cara terbaik untuk melihat apakah Anda memiliki masalah indeksasi adalah dengan menggunakan Google Search Console.

Dalam sebagian besar kasus, masalah pengindeksan Anda akan bersifat internal: mungkin halaman tersebut belum diizinkan di file robots.txt Anda oleh pengembang yang bekerja pada halaman tersebut, atau tag NOINDEX telah ditambahkan ke halaman.

Galat DNS atau galat 404 adalah penyebab paling mungkin untuk laman Anda yang tidak diindeks, dan Search Console akan tampil lebih banyak di kolom "Kesalahan" -nya.

Cukup dengan menghapus tag NOINDEX secara manual untuk halaman yang dipermasalahkan, atau membiarkannya di robots.txt, dan memberikan waktu bagi Google bot untuk merangkak kembali dengan tenang, akan membuat halaman itu muncul tanpa hambatan.

Jika Anda berakhir dalam situasi di mana keseluruhan situs web Anda dapat dirayapi dengan jelas, dengan tag indeks, tetapi tetap saja pencarian Google yang sebenarnya hanya memberi Anda sebagian kecil dari hasil yang Anda harapkan - Anda mungkin terkena tindakan manual. Mulai proses pemulihan dengan menjalankan audit seluruh situs web lengkap.

Dengan menggunakan alat audit, Anda akan mendapatkan tata letak yang bagus dari kesehatan SEO situs web Anda, dengan semua halaman yang ada dan tidak diindeks di sana.

Lihat halaman mana yang melanggar praktik terbaik Google, dan yang tidak memiliki instruksi pemberian tag dan / atau robot yang benar. Biasanya merupakan praktik yang baik untuk memeriksa situs web Anda jika ada masalah perayapan setiap bulan.

Masalah 2: Kanibalisasi Kata Kunci


Masalah umum yang berasal dari kenyataan bahwa sebagian dari kita pemasar mulai "berdesak-desakan" topik yang sama, menerbitkan materi yang sangat mirip, yang lebih atau kurang menargetkan kata kunci yang sama persis.

Yang akhirnya terjadi adalah bahwa berbagai halaman bersaing dalam peringkat untuk kata kunci yang sama. Ini, pada gilirannya, akan merusak peluang peringkat semua halaman yang terlibat.

Masalah ini cukup rumit bagi saya untuk menulis seluruh artikel di dalamnya. Ini bukan masalah biasa, dan harus diperbaiki sesegera mungkin dengan beralih ke alat pemetaan kata kunci. Peta kata kunci Anda akan terlihat di sepanjang baris berikut (pengungkapan: ini adalah screencapture dari Rank Tracker, alat yang dibuat oleh tim saya)

Dengan tiga kolom, satu untuk kata kunci yang Anda targetkan, satu untuk halaman web yang terhubung dengan kata kunci itu, dan satu lagi untuk informasi SEO umum. Urutkan situs web Anda dengan peta kata kunci di tangan, dan pastikan bahwa semua konten Anda menargetkan serangkaian kata kunci yang berbeda.

Konsolidasi halaman yang menargetkan topik serupa, dan buat satu halaman, dengan menggabungkan beberapa halaman yang berbeda. Dengan begitu Anda akan memastikan bahwa Anda tidak harus bersaing dengan diri Anda sendiri di atas semua orang lain yang membuat konten di niche Anda.

Masalah 3: Penataan Halaman Salah untuk Topik Targetnya


Fakta: bahkan jika Anda memiliki lebih banyak backlink daripada pesaing Anda, Anda mungkin masih berperingkat lebih rendah dari mereka. Yang satu ini bahkan mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tentu saja itu terjadi pada saya ketika saya pertama kali menangani masalah SEO.

Tetapi kebenarannya adalah bahwa itu bukan hanya tentang backlink ke halaman web Anda. Hari ini, dengan semua upaya Google untuk memerangi strategi quid pro-linking, hanya mengumpulkan katalog backlink yang besar tidak cukup.

Peringkat lebih tinggi sekarang, dan telah lama, tidak hanya tentang melakukan hal-hal yang benar, tetapi juga tentang menghindari beberapa kesalahan hukuman. Ini bukan hanya tentang konten, tetapi juga sangat banyak tentang formulir yang dapat diterima.

Misalnya, jika Anda menulis artikel tentang alas kaki terbaik, dan Anda membuatnya sebagai daftar bundar sekitar 2.000 kata, dan Anda tidak dapat menentukan peringkat, Anda harus melihat peringkat pesaing yang saat ini Anda peringkat.

Katakan saja Anda memposting artikel yang ditulis dengan indah dan informatif di kota-kota terbaik untuk ditinggali. Ini adalah sepotong besar teks dengan beberapa gambar. Nama-nama kota terjalin di seluruh teks, The New Yorker-style.

Kemudian Anda mengetahui bahwa pada setiap halaman di hasil-5 teratas untuk "kota terbaik untuk hidup" informasi disajikan sebagai galeri gambar dengan teks yang sangat sedikit. Itu berarti bahwa Google menganggap ini sebagai format terbaik yang mencakup topik tertentu.

Cukup edit konten Anda sendiri agar sesuai dengan kriteria ini: jadikan galeri gambar dengan deskripsi pendek, jelas, dan lihat halaman Anda naik melalui peringkat!

Dan itu adalah percakapan yang sangat berbeda jika kita berbicara tentang kata kunci yang mana Google memiliki fitur SERP. Apa yang kita lihat semakin dan semakin banyak adalah bahwa Google berusaha menjawab pertanyaan pengguna tepat di SERP. Untuk itu, menggunakan instrumen seperti cuplikan fitur Google, People juga bertanya, panel Pengetahuan, dan sebagainya.

Sekarang, memahami hal itu sangat penting, dan sangat tergantung pada struktur. Jadi, pertama-tama, cari tahu apakah mungkin kata kunci pilihan Anda untuk mendapatkan fitur SERP. Itu mudah dilakukan oleh perangkat lunak pelacakan peringkat apa pun, tetapi juga hanya dengan mencari istilah yang ingin Anda peringkatkan.

Buka Pengaturan Pencarian Google, dan cukup nonaktifkan fitur Hasil pribadi. Kemudian, sesuaikan wilayah Anda seperlunya, cari kata kunci Anda. Jika Anda melihat panel Pengetahuan atau cuplikan unggulan di sana, itu berarti sudah aktif!

Sebagian besar masuk ke fitur SERP menggunakan markup data terstruktur. Ingat: Prioritas Google adalah menghadirkan jawaban cepat dan koheren kepada penggunanya untuk pertanyaan mereka.

Terapkan markup data terstruktur, gunakan poin-poin, daftar, angka, dll. Mesin pencari akan mengenali bahwa Anda memberikan jawaban yang cepat dan mudah, dan akan menggunakan Anda sebagai sumber cuplikan fitur. Menambahkan juga elemen struktural seperti FAQ juga sangat membantu, karena masuk ke salah satu fitur SERP akan meningkatkan lalu lintas, tampilan halaman, dan RKPT Anda.

Itu tidak cukup bahwa Anda datang dengan ide konten yang brilian dan tahu dalam jiwa Anda bagaimana menyajikannya dengan cara terbaik. Sepotong konten itu juga harus sesuai dengan apa yang Google anggap pantas untuk konten tersebut.

Masalah 4: Penghubungan Internal Inkoheren


Kita semua tahu tentang pengaturan navigasi fungsional. Seorang pengguna harus dapat kembali ke beranda dari mana saja, memiliki pemahaman di bagian mana dari situs web mereka saat ini, dan, idealnya, bisa mendapatkan di mana saja di situs web dari halaman mana pun, hanya dengan mengikuti tautan.

Tetapi tautan internal yang tepat berjalan sedikit lebih dalam dari itu. Kenyataannya adalah bahwa kita semua memiliki halaman "perlu", "inti", atau, lebih umum, "uang".

Itulah yang kami anggap halaman yang menghasilkan "uang nyata". Jadi kita cenderung berkonsentrasi hanya pada mereka ketika bekerja pada struktur situs kita daripada membangun "cluster tematik" besar yang akan menghubungkan banyak halaman bersama.

Dan, yah, itu bukan cara terbaik untuk melakukan tautan internal. Anda harus menyebarkan kekayaan tautan di sekitar! Cari cara untuk menautkan tidak hanya ke halaman inti Anda, tetapi dari mereka ke halaman "tambahan" yang lebih kecil.

Kembali dan buat tautan baru dari konten lama Anda ke yang baru. Anda perlu membuat konsep konten Anda sebagai kelompok halaman yang saling mendukung.

Misalnya, Anda memiliki halaman "inti" yang menjelaskan fitur perangkat lunak Anda. Letakkan beberapa tautan darinya ke konten tambahan Anda tentang penggunaan fitur-fitur itu di dunia nyata, ke beberapa panduan, bagaimana caranya dan posting tamu juga!

Dan, yah, jika Anda tidak memiliki konten tambahan - buat beberapa untuk halaman inti Anda, kemudian buat web tautan internal yang bagus yang akan menghubungkan situs web Anda ke web yang koheren. Saat melakukan ini, ingatlah untuk memastikan tidak terlalu mengoptimalkan jangkar Anda.

Ini berarti Anda harus menghindari jangkar yang mengandung kata kunci yang ingin Anda peringkatkan, dan sebagai gantinya jangkar yang cocok secara alami (walaupun jangkar seperti "baca di sini" jelas bukan yang terbaik).

Cara yang bagus untuk meningkatkan tautan internal Anda adalah memiliki semacam alat visualisasi yang rapi, seperti yang disajikan dalam Auditor Situs Web (penafian: alat saya), dengan semua halaman Anda ditampilkan sebagai web koneksi. Dengan begitu, Anda segera melihat di mana Anda memiliki "simpul" yang paling penting, dan halaman mana yang bisa menggunakan tautan lebih sedikit. Halaman mana pun bisa menjadi penghasil uang dengan konten berkualitas tinggi dan tautan internal yang kuat.

Masalah 5: Kecepatan Halaman Rendah, Terutama pada Seluler


Kita semua tahu bahwa kecepatan halaman telah menjadi faktor peringkat untuk sementara waktu sekarang. Hampir secara harfiah setiap orang menangani aspek kesehatan SEO mereka lebih baik daripada sebelumnya.

Tetapi bahkan hari ini, mudah untuk melupakan beberapa dasar-dasar dan membiarkan kecepatan halaman web Anda tergelincir, yang menyebabkan Anda mengalami lalu lintas yang signifikan. Dan bukan hanya tentang peringkat Google Anda lebih rendah.

Sederhananya, dengan setiap detik tambahan pada waktu halaman Anda untuk memuat, ada sejumlah besar orang yang bangkit - tidak pernah terlihat lagi. Halaman yang lebih lambat biasanya berperingkat lebih rendah, mengonversi lebih buruk, dan memberikan pengalaman pengguna di bawah standar. Dan ini berlaku ganda untuk seluler.

Lebih dari setengah pengguna ponsel meninggalkan situs jika butuh lebih dari 3 detik untuk memuat. Jika itu tidak cukup, kecepatan halaman seluler telah menjadi faktor peringkat sejak Juli 2018.

Dorongan Google terhadap format AMP, untuk situs web yang dapat mengimplementasikannya, juga berbicara banyak dengan fakta bahwa pengalaman bersih dan cepat bagi pengguna seluler adalah, dan akan terus menjadi prioritas.

Selain menjadi faktor penting dalam UX, serta faktor peringkat, secara konsisten halaman yang lebih lambat berarti seluruh situs web akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk merangkak dan mengindeks. Itu sendiri mungkin membuat masalah indeksasi untuk Anda jika Anda membiarkan aspek ini tidak dicentang.

Memperbaiki masalah kecepatan memerlukan sedikit kerja, harus diakui, dan jika Anda memiliki situs web skala apa pun, hampir tidak mungkin dilakukan tanpa alat audit yang tepat.

Gunakan alat PageSpeed ​​Insights Google untuk mendapatkan ide keseluruhan jika kecepatan halaman web mulai membahayakan peluang peringkatnya. Perhatikan bagaimana pengaturan "default" untuk grade adalah pengalaman seluler.

Ini dilakukan karena, baik atau buruk, pengoptimalan seluler adalah prioritas untuk Google, dan telah dilakukan selama beberapa tahun sekarang. Penting bagi Google untuk menjamin pembuatan seluruh aplikasi Google yang terpisah untuk menguji kecepatan situs web Anda secara khusus di ponsel.

Saya sarankan memulai dengan PageSpeed ​​Insights karena itu lebih cepat dan lebih nyaman. Di sana, Anda akan menerima, bersama dengan nilai yang terkuantifikasi, sejumlah wawasan (karenanya namanya) tentang arah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan skor Anda.

Ada sejuta "kesalahan" kecil yang bisa dibuat webmaster untuk memperlambat halamannya. Dari memiliki terlalu banyak pengalihan ke tidak memiliki cukup CDN, sejuta hal dapat diperbaiki.

Demi uang saya, apa yang bisa dilakukan oleh setiap webmaster untuk segera menurunkan waktu pemuatan halaman mereka adalah dengan mengoptimalkan kode dan gambar Anda. Singkirkan semua komentar berlebih, pemformatan, bit kode yang tidak digunakan, dan kompres semua gambar Anda untuk web.

PageSpeed ​​Insights bukan tempat yang buruk untuk mulai mencari ide tentang peningkatan kecepatan halaman web Anda yang sebenarnya. Tapi jelas Anda harus melihat ke dalam kumpulan alat audit yang lebih luas atau bahkan menghubungi pakar SEO jika Anda ingin benar-benar teliti.

Alat audit adalah liga yang lebih baik karena mengambil melihat semua halaman situs web Anda sekaligus, dan kemudian Anda dapat mencari saran untuk perbaikan dengan satu klik.

Bahkan hari ini, dengan beragam panduan, sumber daya, dan kelas tentang SEO, tampaknya gila bahwa seseorang akan lupa untuk menulis tag judul yang optimal, misalnya. Yang mengatakan, kita melihat kesalahan yang disajikan di sini lagi dan lagi di seluruh web.

Coba dan gunakan ini sebagai panduan ukuran saku yang nyaman untuk meningkatkan peringkat Anda. Perjalanan aman, sesama traveler SEO!