Home » , , » Apa itu Penalti Google dalam SEO?

Apa itu Penalti Google dalam SEO?

Minggu ini untuk "Tanya An SEO", kami memiliki pertanyaan dari Quora: "Apa itu Google Penalti dalam SEO?"

Istilah "penalti" sering digunakan sangat longgar di kalangan SEO. Ketika situs mengalami penurunan lalu lintas dan visibilitas, SEO akan sering mengatakan bahwa penurunan adalah hasil dari "penalti" apakah penurunan itu diterapkan secara manual atau secara algoritmik.

Namun, penggunaan istilah ini tidak akurat. Istilah "penalti" berkaitan dengan SEO, memiliki arti yang berbeda dan definitif.

Apa itu Penalti?


Satu-satunya penalti yang sebenarnya (secara resmi) adalah "tindakan manual" dari Google. Tindakan manual adalah ketika pengulas manusia Google telah melihat situs web Anda dan mengurangi visibilitas Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP) karena melanggar Pedoman Kualitas Webmaster dengan cara tertentu.

Anda dapat dihukum karena alasan yang tidak tercantum di sini, tetapi sebagian besar tindakan manual berasal dari daftar ini. Penalti tidak terjadi ketika situs Anda mengalami penurunan karena Google telah meluncurkan pembaruan algoritmik umum yang memengaruhi banyak situs baik secara positif maupun negatif.

Apa itu Penalti Google dalam SEO


Tidak ada nama resmi untuk proses ini. Tetapi ketika situs Anda kehilangan peringkat, sering disebut "devaluasi algoritmik."

Itu bukan istilah yang persis menggelinding, jadi kemungkinan mengapa istilah "Penalti" begitu sering dibicarakan. Namun, penalti bersifat spesifik untuk lokasi.

Jadi Bagaimana Penalti (Tindakan Manual) Berbeda dari Devaluasi Algoritma?


Jika Anda telah berada di SEO selama lebih dari sebulan atau lebih, Anda pasti telah mendengar tentang tindakan manual yang ditakuti. Tindakan manual disebut sebagai - tindakan manual yang diterapkan ke situs Anda oleh Google, atau lebih khusus manusia di Google, daripada algoritma.

Ini terjadi ketika Google mengetahui bahwa Anda telah melanggar Pedoman Webmaster mereka dan mereka memberi Anda "tamparan di pergelangan tangan" (atau kadang-kadang tamparan penuh), karena apa yang telah Anda lakukan "salah" - dengan kata lain, penalti.

Dampak dari Penalti yang diterapkan secara manual ini pada situs berbeda dari situs ke situs tergantung pada tingkat permasalahannya dan Pedoman Webmaster yang telah dilanggar, tetapi Penalti tersebut dapat berkisar dari penurunan kecil pada peringkat pada beberapa istilah permintaan hingga penghapusan situs penuh dari hasil pencarian.

Bagaimana Anda Tahu Jika Anda Memiliki Tindakan Manual?


Karena Google telah menerapkan penalti langsung ke situs Anda, mereka akan memberi tahu Anda ketika itu terjadi melalui Google Search Console. Ini adalah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk mengatur konsol pencarian untuk situs Anda. (Saya sarankan menggunakan Awalan URL bukan Properti Domain.)

Perbedaan utama antara tindakan manual dan masalah algoritmik adalah bahwa tindakan manual semuanya diketahui dan dapat ditinjau pada halaman dukungan Google untuk memahami dan memperbaiki.

Dengan perubahan algoritmik, respons Google sering - tidak ada yang diperbaiki. (Omong-omong, hampir tidak pernah benar, tapi itu untuk artikel lain.) Berikut adalah tindakan manual yang dapat diterapkan oleh Google:

  • Spam yang dibuat pengguna
  • Tuan rumah bebas spam
  • Masalah data terstruktur
  • Tautan tidak wajar ke situs Anda
  • Tautan tidak wajar dari situs Anda
  • Konten tipis dengan sedikit atau tanpa nilai tambah
  • Penyelubungan dan / atau pengalihan licik
  • Spam murni
  • Gambar berjubah
  • Teks tersembunyi dan / atau isian kata kunci
  • Ketidakcocokan konten AMP
  • Pengalihan seluler licik

Ketika Anda pergi ke situs untuk meninjau item-item ini, Google memiliki drop down untuk masing-masing yang akan memberi tahu Anda cara memperbaikinya. Namun, perbaikan ini bisa rumit.

Setelah Anda mengidentifikasi penalti dan memperbaikinya, Anda dapat mengirimkan situs untuk permintaan pertimbangan ulang. Ini adalah bagaimana Anda meminta Google untuk menghapus tindakan atau penalti yang diterapkan secara manual. Kemampuan untuk mengajukan permintaan pertimbangan ulang juga membantu membedakan tindakan manual sebagai penalti.

Sementara tindakan manual dapat dihapus dengan permintaan pertimbangan ulang yang tepat, devaluasi algoritme tidak bisa. Untuk masalah algoritme, Anda harus menunggu agar pembaruan algoritme berjalan kembali.

Ini adalah salah satu pertikaian inti dengan Penguin lama (sebelum menjadi "waktu nyata"). Ada selama dua tahun antara pembaruan dan di antara situs tidak bisa mendapatkan kembali peringkat mereka. Dengan tindakan manual, yang harus Anda lakukan adalah memperbaiki dan meminta penghapusan.

Jika Google yakin Anda telah melakukan apa yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki situs dan bahwa Anda tidak akan melanggar pedoman lagi, mereka akan menghapus penalti.

Mengapa Devaluasi Algoritma Bukan Penalti?


Ini sangat sederhana. Algoritma dapat mendevaluasi situs dan membatasi visibilitas dan lalu lintas untuk tidak memenuhi praktik terbaik Pedoman Webmaster dan faktor peringkat Google yang harus ditargetkan oleh algoritma - tetapi juga dapat meningkatkan nilai situs dan memberikan visibilitas yang lebih luas dan lalu lintas.

Karena algoritma dapat membuat situs Anda naik atau turun dalam hal visibilitas dan / atau lalu lintas, devaluasi tidak dapat diklasifikasikan sebagai penalti karena, jika situs Anda terpengaruh secara terbalik, istilah tersebut tidak dapat diterapkan.

Satu catatan terakhir: SEO profesional mungkin tidak akan pernah berhenti menggunakan versi sehari-hari dari istilah "penalti."

Jauh lebih mudah untuk memberi tahu klien bahwa mereka kehilangan visibilitas dan lalu lintas karena penalti daripada mencoba menjelaskan "devaluasi algoritmik," bahkan jika memang itu yang sebenarnya terjadi.